WISATA EDUKASI BAGI SISWA BERPRESTASI


Selasa, 9 Januari 2018
Kesuksesan SMP N 2 Balapulang dalam meraih beberapa kejuaraan di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional pastinya tidak lepas dari campur tangan Kepala Sekolah. Ibu Ratminingsih, S.Pd. M.Pd. selaku Kepala Sekolah sudah mencanangkan beberapa program sejak kedatangan pertama kalinya di SMP N 2 Balapulang pada tahun 2011. Salah satunya programnya adalah menjadi SMP N 2 Balapulang sebagai sekolah unggulan di Kabupaten Tegal, untuk menjadi jawara di setiap ajang pastinya memerlukan waktu yang cukup tidak bisa dengan waktu yang singkat. Dengan kerja tim yang luar biasa dari keluarga SMP N 2 Balapulang mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Administrasi Sekolah dan Siswa berhasil diraih beberapa prestasi diantaranya :
1.      Dinobatkan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional
2.      Juara 2 PMR Teladan Tingkat Provinsi Jawa Tengah
3.      Juara 3 Karate Tingkat Nasional dan masih banyak lagi di Kabupaten Tegal.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja para siswa dan bapak/ibu guru yang berprestasi maka diberikan suatu kegiatan “Wisata Edukasi Bagi Siswa Berprestasi”. Di tahun pelajaran 2017/2018 semester gasal ini, terdapat beberapa siswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik ada sejumlah 32 siswa dari kelas VII sampai kelas IX. Mereka semua diberangkatkan ke Hutan Mangrove Pandansari Brebes. Tujuannya bukan hanya wisata tapi juga untuk belajar, mereka bisa melihat dunia luar tempat wisata baru, tapi juga mendapat materi pelajaran secara langsung seperti fungi ekologis (sebenarnya) dan fungsi ekonomis dari hutan mangrove ini, ucap Ibu Siti Sugiati EP selaku pendamping siswa. Kemudian diharapkan dengan adanya wisata edukasi ini bisa memacu anak-anak lain untuk lebih menggali potensi dirinya.













1 komentar:

  1. Assalamualaikum, maaf pak saya ingin bertanya. Apakah ada program yang mendukung SMP N 2 Balapulang sebagai sekolah adiwiyata ? Mungkin adakah pelajaran tentang pendidikan lingkungan hidup atau yang lain ?

    BalasHapus